Home » , , » Resep Daging Malbi Bengkulu nan Sedap dan Bergizi

Resep Daging Malbi Bengkulu nan Sedap dan Bergizi

Written By Unknown on Senin, 18 November 2013 | 09.44

Indonesia mempunyai 34 porvinsi yang tersebar ke dalam 8 pulau besar, yaitu pulau Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Jawa dan Sumatera. Dan Bengkulu adalah salah satu nama provinsi yang termasuk ke dalam 34 provinsi tersebut. Berada di Pulau Sumatera yang menjadikan Provinsi Bengkulu dianugerahi budaya khas melayu dengan citarasa tersendiri.

Banyak dari sekian penduduk Indonesia yang mengenal Provinsi Bengkulu mulai dari pelajaran ilmu sosial yang diajarkan di sekolah-sekolah bahkan pernah menginjakkan kaki di tanah Bengkulu untuk melancong dan berpariwisata. Namun jarang sekali orang yang tau apa masakan khas dari Provinsi ini. Selain masakan Bagar Kambingnya yang sangat lezat, Provinsi Bengkulu juga mempunyai masakan khas lainnya yaitu Daging Malbi. Baru dengar kan? heheheh

Bukan namanya saja yang unik tetapi rasa dan aromanya sangat menarik kita untuk menyantapnya. Jangan berpikiran aneh ya bunda, masakan Daging Malbi khas Bengkulu ini mempergunakan daging sapi kok sebagai bahan utama masakan, jadi hanya namanya saja yang unik dan nyentrik. Heheeheh.

Masakan Daging Malbi mempunyai warna yang hitam pekat dengan rasa manis dan aroma masakan yang harum. Warna hitam pada masakan ini diperoleh dari kecap manis yang dipergunakan untuk membumbui si daging sapi. Sedangkan aroma yang harum diperoleh dari cengkeh dan kayu manis.

Lezat sudah pasti, nikmat jelas, lalu bagaimana dengan gizinya? Bunda tak perlu risau, karena masakan yang satu ini jelas teruji kandungan gizinya. Mau tau? Masakan Daging Malbi khas Bengkulu ini mengandung gizi-gizi penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Hal ini disebabkan karena masakan ini mempergunakan daging sapi yang terkenal akan kekayaan gizinya bunda.

Daging sapi sebagaimana dari dulu hingga sekarang banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh manusia karena kandungan gizinya yang beragam antara lain zat besi, protein, selenium, zinc, omega 3 dan vitamin B kompleks.

Zat besi sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kepadatan tulang terutama bagi anak-anak. Namun tak hanya anak-anak saja yang membutuhkan zat besi, melainkan juga orang dewasa bahkan lansia yang berpotensi terkena osteoporosis. Zat besi juga berperan penting terhadap jumlah produksi darah dalam tubuh, jadi ketika seseorang terkena penyakit anemia itu tandanya ia kekurangan zat besi dalam tubuhnya.

Regenerasi sel, perkembangan sel, pemulihan jaringan luka, serta pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit dipengaruhi oleh protein. Kadar protein yang mencukupi dalam tubuh dapat memaksimalkan kerja enzim serta hormon.

Tak banyak yang mengetahui tentang selenium, padahal selenium sangat diperlukan oleh tubuh kita karena bermanfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, mencegah katarak, mencegah kanker dan mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala.

Selanjutnya zinc bermanfaat bagi kesehatan reproduksi dan kerja maksimal otak. Kemudian omega 3 berguna meningkatkan daya ingat, mencegah pembekuan darah dan berpengaruh pada kesehatan janin pada ibu hamil. Terkahir vitamin B kompleks memberikan manfaat dalam menjaga kelancaran proses pencernaan dan metabolisme.

Demikian bunda mengenai kandungan gizi yang terdapat pada masakan Daging Malbi khas Bengkulu kita. Super komplit bukan? Pengen tau gimana cara memasak Daging Malbi Bengkulu? Ini dia penulis hadirkan ke hdapan para bunda dan pecinta kuliner resep masakan Daging Malbi khas Bengkulu Si Hitam Manis nan Lezat.

resep masakan khas bengkulu, resep masakan daging malbi bengkulu

A) Bahan
  • Daging sapi ( 250 gram )
  • Kelapa parut sangrai ( 100 gram )
  • Minyak goreng untuk menumis ( 3 sendok makan )
  • Kecap manis ( 1 sendok makan )  
  • Air matang ( 400 ml )
  • Bawang goreng secukupnya

B) Bumbu
  • Bawang merah ( 5 siung )
  • Bawang putih ( 3 siung )
  • Cengkeh ( 2 buah )
  • Gula merah sisir ( 1/2 sendok makan )
  • Jahe ( tebal 2 cm )
  • Kayu manis bubuk ( 1/4 sendok teh )
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

C) Cara Memasak
  • Potong-potong daging sapi menjadi 5 bagian lalu cuci hingga bersih. Tiriskan.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, gula merah, jahe dan sedikit garam. Haluskan hingga benar-benar halus.
  • Ambil baskom, tuangkan bumbu yang telah dihaluskan tadi, kemudian masukkan potongan daging sapi ke dalamnya. Aduk rata hingga seluruh potongan daging terlumuri bumbu dengan sempurna. Lalu diamkan selama 30 menit.
  • Setelah didiamkan selama 30 menit. Ambil daging dan letakkan dalam wajan. Taruh wajan di atas api kecil. Tambahkan 400 ml air matang. Masak hingga daging lunak dan air mengering.
  • Setelah air mengering, masukkan minyak goreng, kecap manis, kelapa sangrai, garam dan penyedap rasa. Aduk rata. Masak hingga minyak goreng panas dan tercampur dalam masakkan. Masak sebentar kemudian angkat.
  • Sajikan dalam piring saji dan taburi dengan bawang goreng. Hidangkan.