Home » » Resep Sambal Bawang Murah Meriah

Resep Sambal Bawang Murah Meriah

Written By Unknown on Minggu, 10 Desember 2017 | 19.26

Sambal bawang, si sambal sederhana yang mampu menggenjot selera makan anda. Sambal ini berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sambal ini cukup populer di kalangan masyarakat Gunungkidul karena rasanya yang sangat pedas dan mudah dibuat, bahkan anak SD pun bisa membuatnya. Sambal ini masuk ke dalam jenis sambal mentah, yang biasanya disajikan bersama lauk-pauk. Namun kepopuleran sambal bawang ini sudah merambah ke kota-kota besar lho, bahkan ada beberapa restoran ternama yang memasukan sambal ini ke dalam menu mereka. Ada pula menu-menu olahan daging ayam terkini yang dikombinasikan dengan sambal ini, seperti contoh ayam geprek, ayam keprek, ayam penyet dan ayam gepuk. Dan hasilnya voila, banyak banget penggemarnya.


Sambal bawang ini sebenarnya adalah sambal mentah, namun ada beberapa orang yang memilih untuk menggorengnya sebentar untuk mengurangi efek perut panas sehabis menyantap si sambal ini. Sambal ini bisa disandingkan dengan aneka lauk pauk yang digoreng. Bahannya sangat simpel, cukup dengan cabai rawit merah, bawang putih, garam, sedikit minyak panas dan kalau suka bisa tambahkan sedikit MSG (optional). Mau tahu cara lengkap membuat sambal bawang ini? Simak penjelasan di bawah.

resep sambal penyet, resep sambal bawang, sambal bawang, sambal pedas


A) Bahan

- Cabai rawit merah segar ( jumlah sesuai selera )
- Bawang putih ( 1/2 siung )
- Minyak goreng secukupnya ( bagi yang tidak suka mentah )

B) Bumbu

- Garam secukupnya
- Penyedap rasa MSG (optional/bisa skip )

C) Cara Membuat

- Bersihkan bawang putih dari kulit arinya dan cabai rawit dari tangkainya, kemudian cuci hingga bersih. Biarkan utuh.

- Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian goreng sebentar bawang putih dan cabai rawit sebentar. Cukup sampai bawang putihnya menjadi empuk.

- Angkat cabai rawit dan bawang putih tadi dari wajan, langsung taruh di cobek. Tambahkan garam dan penyedap rasa (optional/bisa skip).

- Ulek kasar, dan tambahkan sedikit minyak goreng panas bekas menggoreng tadi.

- Sambal bawang siap dihidangkan bersama lauk-pauk dan lalapan.