Home » , , , » Resep Masakan Sate Padang yang Nikmat

Resep Masakan Sate Padang yang Nikmat

http://kuliner-kulinerbunda.blogspot.com - Ada Sate Makassar, ada Sate Lilit Ikan Kakap Bali, ada pula Sate Padang. Hmmm ternyata Kota Padang punya masakan andalan satu lagi ya bunda, yaitu Sate Padang. Sate Padang ini berbeda dengan sate-sate pada umumnya lho bunda. Jikalau sate pada umumnya identik dengan saus kacang atau kecap pedas, untuk Sate Padang ini sama sekali tidak mempergunakan saus kacang maupun kecap pedas melainkan kuah kuning kari yang kental. Wew wew wew.

Bahan yang dipergunakan untuk membuat Sate Padang ini pun tidak hanya daging sapi semata tetapi berikut juga jantung dan paru sapi. Sate Padang ini memiliki citarasa pedas khas Kota Padang dan gurih. Penyajiannya yang disiram dengan kuah kari kental semakin menambah keelokan kuliner yang satu ini. Proses pemasakan Sate Padang ini membutuhkan dua proses, yaitu proses pengungkepan daging bersama bumbu dan pemanggangan.

Tak hanya enak, Sate Padang ini juga sangat bergizi lho bunda. Lihat saja kandungan gizi dalam daging sapi sebagai bahan utama sate yang cukup tinggi. Daging sapi mengandung gizi-gizi yang berguna bagi tubuh antara lain protein, zinc, vitamin B kompleks, omega-3, selenium dan zat besi.

Protein mempengaruhi regenerasi sel terutama sel kulit dan rambut, mempengaruhi pula terhadap kerja enzim dan hormon, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri. Zinc berguna dalam metabolisme sel serta melindungi selaput-selaput sel dari kerusakan, juga menjaga keseimbangan protein sel. Vitamin B kompleks sangat erat kaitan manfaatnya bagi kesehatan pencernaan, bertugas sebagai sumber energi, dan melancarkan metabolisme tubuh. Sedangan Omega-3 menjaga fungsi otak kita dengan mningkatkan daya ingat sehingga tidak mudah lupa atau pikun, kemudian omega-3 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan penglihatan, antikoagulan dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan pertumubuhan otak dan fisik pada janin. Selanjutnya selenium bermanfaat bagi kesehatan antara lain menjadi antioksidan bagi tubuh, anti inflmasi, pencegahan kanker dan kesehatan reproduksi pada pria. Terakhir zat besi sangat baik untuk membantu pembentukan hemoglobin, mengatur suhu tubuh dan membantu penyusunan enzim.

Ok-ok sudah selesai tentang ulasan gizi, anda penasaran ingin coba dan pengen tahu bagaimana cara memasak atau mengolah Sate Padang ini? Segera saja dilihat resep Sate Padang di bawah ini.


resep sate padang, cara membuat sate padang, sate padang

A) Bahan
    - Daging sapi ( 125 gram )
    - Paru sapi ( 200 gram )
    - Jantung sapi ( 200 gram )
    - Tepung beras ( 4 sendok makan )
    - Air kaldu sapi ( 750 ml )
    - Santan kental ( 50 ml )
    - Kari bubuk ( 1 sendok makan )
    - Minyak goreng untuk menumis ( 3 sendok makan )
    - Daun kunyit ( 1 lembar )
    - Tusukan sate secukupnya



B) Bumbu
    - Ketumbar ( 1 sendok makan )
    - Lengkuas ( 1  ruas jari )
    - Jahe ( 1 ruas jari )
    - Kunyit ( 2 ruas jari )
    - Jinten ( 1/2 sendok teh )
    - Cabai merah ( 2 buah )
    - Bawang merah ( 8 siung )
    - Bawang putih ( 5 siung )
    - Serai ( 1 batang )
    - Daun jeruk ( 3 lembar )
    - Garam dan penyedap rasa secukupnya


C) Cara Membuat

- Cuci hingga bersih daging, jantung dan paru sapi. Tiriskan. Lalu rebus dengan air mendidih hingga matang dan empuk.

- Angkat rebusan daging, jantung dan paru sapi. Tiriskan dan dinginkan. Setelah itu potong-potong menjadi dadu kecil.

- Haluskan ketumbar, jahe, kunyit, jinten, cabai merah, bawang merah, bawang putih dengan sedikit garam hingga benar-benar halus.

- Keprek lengkuas dan batang serai.

- Panaskan minyak goreng, tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama dengan lengkuas, serai, garam, penyedap rasa, daun kunyit dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan berbau harum. Angkat.

- Ambil separuh (1/2) dari tumisan bumbu untuk dicampurkan pada potongan daging, jantung, dan paru sapi. Dan separuh (1/2) lagi disisihkan untuk campuran kuah.

- Campurkan tumisan bumbu keseluruh potongan daging, jantung, dan paru sapi hingga semua benar-benar terlumuri.

- Potongan daging, jantung dan paru sapi yang telah terbumbui tadi kemudian dimasukkan ke dalam panci kukus. Ungkep hingga kering dan bumbu benar-benar telah meresap. Masak dengan api kecil.

- Setelah dirasa kering dan bumbu telah benar-benar meresap, angkat panci kukus. Ambil potongan-potongan daging, jantung dan paru sapi. Masukkan ke dalam tusukan sate perlahan sebanyak 4 hingga 5 potong.

- Kemudian siapkan kuah sate dengan merebus kuah kaldu sapi dengan panci, lalu susul dengan santan kental, aduk rata. Masukkan separuh tumisan bumbu yang telah disisakan tadi. Aduk rata. Masak hingga mendidih. Kemudian kentalkan dengan tepung beras. Masak sebentar. Angkat dan sisihkan.

- Siapkan tempat pemanggangan. Panggang potongan daging, jantung, dan paru sapi yang telah ditusuki tadi diatas tempat pemanggangan hingga matang kecoklatan. Angkat.

- Sajikan dengan piring saji, siram dengan kuah bumbu. Bila anda suka dapat ditaburi bawang goreng diatasnya. Hidangkan.